7/02/2009

MEMBERI DAHULU BARU MENERIMA!!!

Saya selalu percaya di zaman sekarang kalau anda mau berhasil berbisnis di Internet maupun berbisnis offline, anda harus kasih kasih dan kasih terlebih dahulu sebelum anda bisa menerima.

Dalam bahasa Inggris, anda juga mungkin sering dengar kata-kata “Give first, receive second”.

Mempunyai mindset seperti ini sangatlah penting untuk kesuksesan bisnis anda.

Mengapa?


Karena di zaman sekarang, orang mempunyai banyak pilihan. Mereka akan bertanya: “Mengapa gue harus beli sama loe? Emang apa kelebihan loe dibanding kompetitor loe”?

1. Kecuali anda sudah punya nama atau brand yang sangat kuat sekali…

atau

2. Anda begitu baik kepada mereka dengan memberikan mereka manfaat secara konsisten sehingga mereka percaya anda dan menganggap anda sebagai expert…

kalau tidak jangan harap orang mau memilih beli dari anda!

Namun apa yang sering terjadi ketika seseorang menjalankan bisnisnya adalah ia mau meminta orang untuk membeli produk atau jasanya pada pertemuan pertama.

Maksudnya adalah ketika baru ketemu pertama kali, langsung jiwa salesmannya keluar… cas…cis…cus…bla…bla…bla…jadi mau order berapa banyak?

Weleh weleh….

Belum apa-apa uda mau closing?

Saya bukan bilang menjual dalam pertemuan pertama tidak bisa closing. Saya hanya mau menyampaikan bahwa konsumen mempunyai banyak pilihan, dan kalau dalam pertemuan pertama anda terlalu “pushy”, ia akan merasa tidak nyaman.

Dan percaya deh sama saya, ia TIDAK AKAN hubungi anda kembali walaupun jawabannya adalah: “Nanti deh ya saya pikir pikir dulu. Saya hubungi kembali deh”.

Kecuali produk anda sangat langka sekali atau produk anda mempunyai brand/kelebihan yang sangat hebat sekali, kalau tidak jangan harap orang mau membeli dari anda hanya dengan sekali ketemu dengan anda.

Maksudnya ketemu disini tidak harus ketemu secara fisik, yang penting anda pernah melakukan pendekatan kepadanya. Pendakatan tsb bisa dalam bentuk telpon, sms, email, atau blog.

Seperti saya sendiri kan ga pernah ketemu dengan anda, tapi saya tetap bisa membangun hubungan yang (harapan saya) baik dengan anda melalui email dan blog ini

Karena alasan inilah saya juga sangat menyarankan kepada member Internet Marketing Newsletter saya untuk membangun list mereka sendiri.

Membangun list ini berlaku untuk bisnis online maupun bisnis offline. List ini juga bisa disebut sebagai “database” seperti yang anda sering dengar di dunia bisnis.

Namun membangun list saja tidak cukup, anda HARUS membina hubungan yang baik dengan calon kustomer anda, sehingga mereka percaya dengan anda dan mau beli produk dan jasa anda.

Konsep “Give First, Receive Second” ini juga telah diterapkan di beberapa bisnis model saya:

Report 1 Juta Rupiah Pertama Anda Lewat Internet saya berikan secara Gratis kepada mereka yang mau belajar ttg Internet Marketing, padahal bisa saja saya jadikan report tsb sebagai produk yang bisa saya jual.

Percaya atau tidak, ada beberapa Internet Marketer (saya tidak sebut namanya) yang menanyakan mengapa saya berikan secara Gratis dan bukan di jual saja.

Buat apa saya buang investasikan waktu untuk membuat gratis report dan gratis Internet Marketing Newsletter? Mending saya buat produk aja yang bisa dijual yang bisa memberikan saya income ya gak?

Salah!

Apabila pada awalnya ketika saya baru terjun di Internet Marketing, kerjaan saya hanya jual, jual, dan jual, saya tidak akan pernah bisa mencapai apa yang telah saya capai sampai saat ini.

Jadi, point yang mau saya sampaikan disini adalah:

Berilah terlebih dahulu secara tulus tanpa mengharapkan apa-apa, dan andapun akan menerima di kemudian hari!

Kalau dalam bahasa bule:

Give First, Receive Second!

Bagaimana pendapat anda?

SUMBER : KLIK DISINI


Posting Yang Berkaitan :